Pages

27.1.13

Anti Contek and The Bullies



Hello, teens!! Here’s Mel!!


Kapan hari sempet baca koran. Isinya perkara anak yang anti nyontek—mencontek atau menconteki. Timbullah satu pertanyaan sederhana. Pertanyaannya simpel aja: kok gini?
Biar aku uraikan. Disana tertulis anak anti contek itu:
  1.         Nggak punya temen
  2.         Dianggep sombong
  3.         Dianggep sok (sok pinter, sok jago, dan sok lain-lain)
  4.        Nantinya nggak bakal ada yang bantuin kalau dia lagi butuh bantuan
  5.         De-el-el...

Aku jadi mikir, kasian banget anak yang anti nyontek itu. Pertama, dia kayak dijauhin sama temen-temen, terus dikucilkan dan diasingkan dari dunia sosial, dan banyak perkara lainnya. Padahal kalau dia mau jadi anti nyontek kayak gitu kan pilihannya. Meskipun itu temen, bagiku adalah hal yang nggak sah kalau dia sampai mendiskriminasi orang yang anti nyontek. Toh, dia mau jadi apa juga pilihannya—termasuk kalau dia mau jadi anti contek.

Aku juga bukan orang yang anti nyontek. Aku nggak nyangkal kalau kadang ada dorongan untuk curang, termasuk pas ujian. Pengennya sih idealis, nggak nyontek. Kadang aku juga begitu sih... Nggak nyontek, tapi kalau ada yang tanya ya aku kasih tahu jawabannya. Meskipun begitu nggak jarang juga aku tanya jawaban ke orang lain. Bagiku itu lebih baik daripada full contek-contekkan. *lol

Intinya, orang yang anti contek itu jangan sampai terasing dari dunia sosial. Kita berpikir rasional saja. Mereka adalah mereka. Itu hidup mereka. Andaikata mereka nggak mau menconteki, ya sudah. Bukan hak kita memaksanya membagi jawaban. Mereka sudah belajar keras dan dengan seenaknya kita meminta jawabannya? Nggak semua orang mau... Kadang kalau suatu soal itu sulit banget dan ada yang tanya jawabannya ke aku, aku nggak bakal kasih jawaban itu. Apalagi kalau anak itu nggak mau bertanya jawaban ke anak lain, tapi mau membagi jawaban. Inilah tipeku (meskipun aku sering tanya jawaban ke anak lain juga, sih...). Jangan berpikir mereka sok pintar, tapi mereka sedang berusaha menjadi lebih baik dengan bersikap lebih idealis dan lebih jujur. Mending mana ngasih contekan atau minta sekaligus ngasih contekan?

Dear, Bullies... Siapapun dari kalian yang memperlakukan mereka dengan cara yang berbeda adalah bullies. Bagiku menyiksa mentalnya dengan mengasingkan mereka dari dunia sosial adalah satu dari sekian banyak tindakan bullying. Tahu nggak kalau bullying itu tindakan kriminal?? Wew...

Ini namanya apresiasiku kepada anti menyontek!! Aku mendukung gerakan kalian. Tapi maaf ya, karena sampai sekarang pun aku masih belum bisa menjadi seperti kalian. Doakan aku akan menjadi bagian dari kalian supaya aku bisa menjadi pemimpin yang jujur kelak.

Regards,
Mel